Jumat, 19 November 2010

Day #15: "Gimmick"


In marketing language, a gimmick is a unique or quirky special feature that makes something "stand out" from its contemporaries. However, the special feature is typically thought to be of little relevance or use. Thus, a gimmick is a special feature for the sake of having a special feature. It began, however, as a slang term for something that a con artist or magician had his assistant manipulate to make appearances different from reality. Such things as the manipulating of a gaming wheel led to the idea of a "gimmick" being used. -Wikipedia

A shiny seductive finish applied to a big pile of bull shit.2.A ploy geared to make you believe something of an untrue nature. -Urban Dictionary

Gimmick buat menarik perhatian. Gimmick buat jadi pusat perhatian. Gimmick buat mengubah pikiran. Gimmick buat mencari keuntungan. Gimmick buat jualan.

Foto diatas saya ambil dari pinggir jalan daerah gede bage beberapa waktu silam. Entah dengan maksud untuk menarik perhatian untuk "menipu" calon pembeli dengan tulisan "Favorit Selebriti" atau sang penjual hanya ingin membubuhkan humor pada jualannya. Somehow it's quite refreshing to see that, at least I smiled at it. Mungkin akan lebih "menjual" jika si penjual Es Durian ini memiliki selera humor yang sesuai dengan apa yang terpampang di gerobaknya. Sayang sekali saya nggak sempat mampir mencicipi jualannya.

Jaman makin susah, nyari duit makin nggak gampang. Jualan gimmick bisa jadi jalan pintas bagi sebagian orang yang ingin jualannya cepat laku. Tapi semakin sering orang melihat hal serupa, semakin pintar dia memilih dan menilai mana jualan yang "menipu" mana yang bukan. Menurut saya, penjual yang paling pandai adalah penjual yang paling pintar menyembunyikan gimmick yang dia pilih. Karena pembeli jaman sekarang juga makin pintar dan nggak gampang dibodohi dengan gimmick murahan.

Saya pernah meng-captured sebuah iklan yang menurut saya kocak dan bikin penasaran. Foto tersebut pernah saya upload di blog saya yang lain . Menurut anda gimmick macam apakah itu? Dan apakah foto yang dibawah ini juga merupakan gimmick untuk nama sebuah toko bayi?


1 komentar: